5 Cara Mudah Menanam Kangkung Hidroponik

Kangkung atau (ipomoea aquatica) adalah jenis sayuran yang paling mudah untuk dibudidayakan. Kangkung sangat banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang nikmat, dapat diolah menjadi banyak pilihan masakan. Selain dapat diolah menjadi masakan kangkung memiliki manfaat dari segi kesehatan seperti pencegahan anemia, diabetes, menjaga sistem imun dan menjaga kesehatan jantung.

(Foto kangkung hidroponik)

Kangkung dapat tumbuh hampir diseluruh metode dalam pertanian seperti konvensional, organik, aquaponik, aeroponik dan hidroponik. Menanam kangkung dapat menambah semangat dalam berkebun karena kangkung memiliki warna yang hijau segar.

Kenapa harus kangkung dengan menggunakan sistem hidroponik? Karena banyak manfaat yang didapatkan dari menanam kangkung terlebih dengan sistem hidroponik. Menggunakan sistem hidroponik dapat mempercepat umur panen kangkung. Budidaya kangkung dapat dilakukan dengan waktu yang singkat yaitu 3 – 4 minggu mulai dari semai hingga panen.

Sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) adalah sistem hidroponik yang menggunakan sirkulasi nutrisi 24 jam dengan kemiringan instalasi. Sistem hidroponik NFT yang digunakan untuk menanam kangkung dapat mempercepat umur panen karena nutrisi tersirkulasi 24 jam sehingga akar tanaman mendapatkan unsur hara yang tercukupi.

(Foto kangkung hidroponik sistem NFT)

Proses budidaya kangkung dapat dilakukan dengan langkah persemaian, pembibitan, pemeliharaan, penanaman dan panen. Setiap langkahnya dapat dilakukan dengan mudah dan tidak rumit. Silahkan ikuti 5 tahapan mudah menanam kangkung dengan sistem hidroponik NFT.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan alat dan bahan merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai tanam. Alat yang digunakan untuk menanam kangkung terdiri dari instalasi NFT, baki semai, netpot, gergaji kecil, tandon air, pompa, kain flanel, gelas ukur, tds meter dan pH meter. Sedangkan bahan yang digunakan terdiri dari rockwool, benih kangkung, nutrisi AB Mix sayuran daun dan air baku.

2. Persemaian

Persemaian dimulai dengan cara memotong rockwool dengan gergaji yang berukuran 2 x 2 x 2 cm dan dilubangi lima lubang. Setelah dilubangi, masukkan satu benih per lubang tanam. Setelah benih dimasukkan, letakkan pada baki semai dan  basahi dengan air hingga merata. Letakkan hasil semaian ditempat yang cukup cahaya dan jaga terus kelembaban semaian.

3. Pindah tanam

Pindah tanam kangkung dapat dilakukan saat bibit bibit kangkung sudah keluar daun sejatinya. Biasanya bibit kangkung bisa dipindahkan sekitar umur 5 sampai 8 hari setelah semai. Bibit kangkung dimasukkan dinetpot yang sudah diberi kain flanel dan diletakkan di lubang instalasi yang telah dialiri nutrisi.

(Foto bibit kangkung yang siap pindah tanam)

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan meliputi pemupukan atau aplikasi nutrisi, cek pH, cek nutrisi, cek hama dan penyakit serta cek peralatan. Aplikasi nutrisi yang digunakan nutrisi AB mix sayuran daun dan mulai diberikan pada saat pindah tanam hingga panen. Gunakan gelas ukur untuk melarutan stok A dan stok B untuk mendapatkan takaran yang sesuai.

Nutrisi yang diberikan saat pindah tanam sekitar 500 ppm sampai 700 ppm. Setelah itu, nutrisi diberikan sesuai dengan kebutuhan hingga 1000 ppm. Untuk mengetahui kesesuaian nutrisi dapat menggunakan alat ukur TDS Meter. Setelah dipanen, kangkung dapat diberikan nutrisi kembali agar dapat dilakukan pemanenan lagi.

(Foto cek nutrisi dengan TDS Meter)

Hama dan penyakit dapat dilakukan dengan pengendalian mekanik, menggunakan pestisida nabati atau dari ekstrak tanaman dan dapat menggunakan pestisida anorganik sebagai alternatif pilihan terakhir ketika jumlah hama sudah tidakbisa dikendalikan lagi.

5. Panen

(Foto hasil panen kangkung)

Panen kangkung hidroponik dapat dilakukan pada saat umur 15 sampai 20 hari setelah pindah tanam. Panen kangkung dapat dilakukan dengan cara dicabut keseluruhan ataupun dipanen dengan cara dirompes hingga 3 kali.

Demikianlah artikel budidaya kangkung sistem hidroponik yang sangat mudah untuk dipraktikkan. Jika anda membutuhkan benih dengan ualitas baik, nutrisi AB Mix dan peralatan kebun lainnya silahkan SMS/WA 085838335000 atau kunjungi www.hidroponikpedia.com untuk konsultasi silahkan SMS/WA 081274874448.

 

Leave a Comment