Inilah Perbedaan Benih dan Bibit

Anda pasti pernah mendengarkan beberapa kalimat yang sering kita dengar dan sangat familiar sekali dalam proses budidaya tanaman.

Bagaimana cara menyemai bibit?

Bagaimana cara agar semai bibit dapat berhasil dan tidak mengalami kegagalan?

Taukah anda bahwa dalam dunia pertanian kalimat menyemai bibit merupakan sesuatu yang kurang pas dan cocok. Kenapa kalimat itu bisa kurang cocok dan sesuai? karena kalimat tersebut memang tidak dibenarkan dalam lingkup pertanian. Kali ini kami akan menjelaskan apa yang membedakan antara benih dan bibit, yuk simak penjelasan ini.

BENIH dan BIBIT adalah dua kata yang sering dianggap sama oleh kebanyakan orang dan memang 2 kata itu hampirlah sama. Tetapi, perlu anda ketahui bahwa sebenernya benih dan bibit memiliki pengertian dan arti yang berbeda. Hal tersebut dapat ditinjau dari bentuk, ukuran dan fungsinya.

Benih atau yang sering disebut dengan biji adalah bahan tanam dalam budidaya. Benih merupakan bahan tanam yang digunakan untuk memulai awal dari munculnya kehidupan tanaman. Benih memiliki ukuran yang kecil dan didapatkan dari bagian tanaman (biji) yang telah dipilih dan diseleksi.  Benih berfungsi untuk memperbanyak tanaman.

Proses semai benih akan menjadikan benih memulai proses berkecambah dan membentuk bibit tanaman. Jadi, benih adalah suatu kata yang cocok dan sesuai untuk digabungkan dengan kata semai.

(Foto persemaian benih)

Sedangkan, Bibit adalah bahan tanam yang berasal dari benih yang telah disemai dan telah berkecambah untuk menuju proses pertumbuhan dan perkembangan tanam selanjutnya. Ciri dari bibit adalah sudah tumbuhnya akar, daun dan batang.

(Foto bibit dari hasil persemian yang siap untuk masuk tahap pembibitan)

Kalimat yang sesuai dengan bibit bukanlah semai bibit lagi tetapi pembibitan. Dalam pertanian, biasanya pembibitan merupakan kegiatan dimana bibit tanaman sudah mulai diaplikasikan unsur hara dalam bentuk pupuk atau nutrisi tanaman.

(Foto kegiatan pembibitan tanaman)

Pembibitan ini merupakan awal dimulainya dari fase vegetative tanaman. Fase vegetative tanaman adalah fase tanaman mulai mengeluarkan bagian vegertative seperti akar, batang dan daun tanaman.

Jadi, sudahkah anda bisa membedakan yang dimaksud dengan benih dan bibit? Dan sudahkah anda mengetahui tentang persamaan fungsi dari benih dan bibit?

Leave a Comment